Berikut link panduan untuk melakukan perubahan email akun OSS

KLIK DISINI


Panduan Ubah Email Akun OSS yang Tidak Aktif - Orang Perorangan

 

Perubahan email akun OSS yang tidak aktif dapat dilakukan untuk mengubah email akun OSS tanpa harus login/masuk. Fitur ini hanya dapat diajukan oleh pemilik akun OSS atau orang lain yang dilengkapi dengan surat kuasa. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:


1. Masuk ke akun anda melalui https://oss.go.id/ dengan cara klik MASUK di pojok kanan atas.



2. Klik Butuh Bantuan?



3. Klik Email Sudah Tidak Aktif

  • Catatan: jika anda lupa email mana yang digunakan untuk akun OSS, kami sarankan untuk menggunakan fitur Lupa Akun terlebih dahulu. 
  • Setelah Anda mengingat email mana yang digunakan, anda dapat melakukan atur ulang password secara mandiri. Sehingga anda tidak perlu menunggu untuk dapat masuk ke dalam akun OSS anda.



4. Pilih jenis pelaku usaha Orang Perseorangan. 

  • Pilih alasan permohonan ubah email Tidak bisa akses email terdaftar atau alasan Lainnya. 
  • Lalu klik Lanjut. 


Catatan: klik pada link berikut, untuk pengajuan jenis pelaku usaha lain: Orang Perseorangan, Kantor Perwakilan atau Badan Usaha Luar Negeri


5. Lengkapi Formulir Permohonan Ubah Email

  • Mulai dari Email Terdaftar di OSS (boleh tidak diisi), dan NIK Pelaku Usaha. 
  • Harap diingat, bahwa hanya Pemilik akun yang bisa mengajukan perubahan email atau pihak lain dengan dilengkapi surat kuasa. 
  • Bagi permohonan yang dikuasakan kepada pihak lain, harus mengupload KTP penerima kuasa dan surat kuasa dengan materai



6. Lakukan Swafoto (selfie)

  • Penting! Harap baca panduan swafoto dengan benar. Karena permohonan anda bisa ditolak apabila swafoto dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan. 
  • Lalu, klik Lanjut



7. Lakukan swafoto dengan menuliskan kode permohonan yang tertulis pada layar komputer anda di atas sebuah kertas putih. 



8. Klik Lanjut



9. Lengkapi Alamat Email Baru

  • Email yang anda masukkan akan menjadi alamat email baru Anda untuk mengakses OSS. 
  • Ingat! Email yang bisa dimasukkan hanya email yang belum pernah terdaftar pada sistem OSS. 
  • Klik Verifikasi Email untuk melanjutkan.



10. Periksa Pesan Verifikasi

  • Anda akan menerima kode verifikasi pada alamat email yang sebelumnya anda masukkan. 



11. Verifikasi email Baru

  • Setelah mengecek kode verifikasi di dalam kotak masuk email Anda. Masukkan kode verifikasi tersebut pada halaman OSS yang telah disediakan. 



12. Periksa Data Permohonan Ubah Email

  • Periksa ringkasan data atas permohonan perubahan email yang sudah Anda isi. 
  • Jika telah sesuai, klik Kirim Permohonan